Sabtu, 06 Agustus 2011

About OSIS

OSIS

( Organisasi Siswa Intra Sekolah )

I. Latar Belakang

Sebagai usaha dan langkah-langkah mempersiapkan generasi muda, khususnya siswa diarahkan sejalan dengan cita-cita yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 oleh karena itu pengembangan wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah yang diterapkan melalui OSIS perlu ditata secara teratur dan terarah.

II. Tujuan
  1. Mengimpun Ide, pemikiran, bakat, kreatifitas serta derita para siswa kedalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai pengaruh negatif dari luar sekolah.
  2. Mendorong sikap jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan diantara siswa sehingga timbul suatu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar.
  3. Sebagai tempat dan sarana ntuk berkomunikasi menyampaikan pikran dan gagsan dalam usaha untuk lebih mematangkan kemampuan berfikir wawasan dan pengambilan keputusan.

III. Pengertian OSIS

Dalam Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen Diknas disebutkan bahwa Organisasi Kesiswaan di Sekolah adalah OSIS, yang bermaksud :

  1. Organisasi secara umum, Adalah kelompok kerjasama antara pribadi yang diadakan mencapai tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan satuan atau kelompok kerjasama para siswa yang dibentuk dalam usah mencaoai tujuan bersama yaitu mendukung terwujudnya pembinaan-pembinaan kesiswaaan.
  2. Siswa adalah peserta didik pada satuan Pendidikan jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
  3. Intra berarti terletak didalam dan diantara sehingga OSIS berarti suatau Organisasi Siswa yang ada didalam dan dilingkungan sekolah yang bersangkutan.
  4. Sekolah adalah satuan Pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.
  5. Secara Organisasi OSIS aalah satu satunya wadah Organisasi siswa yang ada disekolah oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk “ OSIS “ yang tidak mempunyai hubungan Organisatoris dengan OSIS sekolah lain dan tidak menjadi bagian / alat dari Organisasi lain yang ada diluar sekolah.
  6. Secara Fungsional dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan Penidikan khususnya dibidang pembinaan kesiswaan arti yang terkandung lebih juga dalam pengertian OSIS adalah salah satu Tempat jalur pembinaan kesiswaan disamping ketiga jalur lain yaitu : Latihan Kepemimpinan Ekstrakurikuler dan Wawasan Wiyata Mandala.
  7. OSIS disamping sebagai suatu sistem dimana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan .
  8. Oleh karena itu OSIS sebagai suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok :
  • Beorientasi pada tujuan
  • Memiliki susunan kehidupan kelompok
  • Memiliki sejumlah peranan
  • Terkoordinasi
  • Berkelanjutan dalam waktu terntu

IV. Tugas Utama OSIS.

  1. Pengurus OSIS harus mampu menghilangkan Citra bahwa Generasi Muda merupakan limbah tenaga kerja.
  2. Generasi Muda harus menghilangkan kata-kata sombong bahwa dimana timbul kenakalan-kenakalan remaja.

1 komentar:

semogA saYa b'sa jdie osis pengganti kakak", dan utk pesen saya d'ada'n radio twosra gtu ???????
salam dri titik Xtkb2

Posting Komentar