Minggu, 01 Desember 2013

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS


Pelatihan Kepemimpinan adalah sebuah pelatihan tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya diberikan kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.
Latihan kepemimpinan ini biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu Latihan Kepemimpinan Fisik dan Latihan Kepemimpinan Mental. Pemberian materi dari kedua jenis ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk Latihan Kepemimpinan Mental, yang menjadi pemberi materi adalah dari Dewan Guru, Pembina OSIS, Kepala Sekolah serta Guru Psikologis dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara menyewa dari suatu Lembaga Psikologi Independen.
Kegiatan latihan kepemimpinan ini juga merupakan suatu kiat atau kewibawaan yang mampu menggerakkan orang lain, baik secara perseorangan maupun kelompok di dalam suatu organisasi sehingga menimbulkan kemauan dan kemampuan untuk melakukan suatu dalam mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan meliputi berbagai dimensi, dan berfungsi sebagai salah satu piranti penggerak, motor atau motivator sumber daya yang ada di dalam organisasi, sehingga peran kepemimpinan diharapkan mampu mendinamisasikan organisasi dalam mencapai tujuan.
Demikian halnya dengan kepengurusan OSIS yang berperan sebagai salah satu jalur pembinaan siswa harus mampu mewujudkan tugas pokok dan fungsiny, kemauan dan kemampuan para pelaku kepimpinan OSIS hanya dapat berperan sebaik-baiknya apabila secara teratur dan kesinambungan dilaksanakan pembinaan dan pengembangan bagi para pelaku kepemimpinan tersebut. Kegiatan ini juga sebagai pembinaan generasi muda yang di fokuskan pada kompetensi individu.

0 komentar:

Posting Komentar